Cara Mencegah Leukemia Pada Anak

Cara Mencegah Leukemia Pada Anak

 

Cara Mencegah Leukemia Pada Anak – Leukimia atau sering disebut kanker darah merupakan salah satu jenis penyakit yang mengerikan dan termasuk dalam salah satu jenis penyakit yang mematikan, layaknya penyakit jantung dan diabetes.

Leukimia disebabkan karena adanya pertumbuhan atau trannsformasi yang terjadi secara tidak wajar pada sel darah putih (leukosit) dan menyebabkan pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali. Produksi sel darah putih yang berlebih ini tentunya menyebabkan ketidaknormalan dalam tubuh.

Cara Mencegah Leukemia Pada Anak

Leukimia dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali anak‚Äďanak. Bahkan di Indonesia sendiri tingkat leukimia pada anak tergolong tinggi, dengan 60% di antaranya telah memasuki stadium lanjut. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan orangtua sehingga menyebabkan kelambanan penanganan pada anak tersebut.

Oleh sebab itu penting bagi setiap keluarga, khususnya ibu untuk mencegah penyakit mengerikan ini menyerang anak Anda. Bagaimana caranya? Untuk mencegahnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui apa sebenarnya penyebab leukimia.

Penyebab Leukimia

Penyebab leukemia belum diketahui secara pasti, namun diketahui beberapa faktor yang dapat memengaruhi frekuensi leukemia, seperti:

  • Radiasi dapat meningkatkan frekuensi leukemia mieloblastik akut (LMA) dan leukemia limfositik Kronik (LLK). Tidak ada laporan mengenai hubungan antara radiasi dengan LLK. Beberapa laporan yang mendukung: Para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, penderita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia dan leukemia ditemukan pada korban hidup karena kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.
  • Faktor leukemogenik terdapat beberapa zat kimia yang telah diidentifikasi dapat memengaruhi frekuensi leukemia: Racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia industri seperti insektisida, obat untuk kemoterapi.
  • Penderita sindrom Down memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.
  • Virus dapat menyebabkan leukemia seperti retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa.

Cara Mencegah Leukemia Pada Anak

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Sebagai orang tua yang baik dan bijak, Anda harus ekstra perhatian dalam merawat anak Anda agar dapat meminimalisir resiko munculnya penyakit leukimia. Cara mencegah leukemia pada anak dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Jauhkan anak dari jangkauan radiasi alat-alat elektronik

Radiasi ini adalah salah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan anak menderita leukemia. Radaisi alat elektronik lain seperti TV, komputer, dan handphone juga perlu anda perhatikan.

  1. Sering ajak anak melakukan kegiatan di luar rumah

Alasan mengapa kegiatan di luar rumah dapat mencegah penyakit leukemia adalah karena kegiatan di luar rumah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh sebagai salah satu faktor resiko leukemia.

  1. Berkonsultasilah dengan dokter anda

Terkadang anda sebagai orang tua yang sibuk tidak dapat mengontrol kegiatan anak. Berkonsultasilah dengan dokter anda tentang obat-obatan yang dapat mencegah leukemia pada anak.

  1. Jauhkan anak-anak dari pestisida dan pupuk pertanian

Untuk anda yang tinggal di daerah pedesaan, pastikan pestisida dan pupuk anda jauhkan dari jangkauan anak-anak karena kedua bahan kimia tersebut dapat meningkatkan resiko anak menderita leukemia.

  1. Sebisa mungkin hindarilah makanan yang diproduksi secara anorganik

Sayuran dan buah-buahan yang diproduksi secara anorganik memiliki kandungan pestisida dengan kadar yang sangat berbahaya bagi kekebalan tubuh anak yang dapat memicu penyakit leukemia.

  1. Hindari asap rokok

Efek asap rokok sangat berbahaya karena tak hanya dapat menyebabkan leukimia melainkan juga kanker jenis lain. Jauhkan anak dari orang-orang yang merokok dan pastikan diri Anda juga tidak merokok.

  1. Hindari menghirup pestisida

Anak yang tinggal di area pedesaan atau dekat area perkebunan mungkin akan sering terkena paparan aroma pupuk pertanian atau pestisida. Hal ini berbahaya, maka jauhkan anak-anak dari menghirup aroma pestisida atau berada dekat dengan areal pertanian saat baru disemprot.

  1. Hindari makanan berpengawet

Jangan beri makanan yang mengandung bahan kimia/terpapar bahan kimia pada anak. Makanan-makanan instan berpengawet harus dijauhkan dari anak dan berilah anak pengertian agar ia paham bahwa makanan itu berbahaya bagi kesehatan tubuhnya.

Selain dengan cara diatas, cara mencegah leukemia pada anak juga dapat dilakukan dengan memanfaat bahan-bahan alami, seperti :

  1. Ginseng Merah Korea

Ginseng merah korea disebut-sebut sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk mengobati dan mencegah pertumbuhan leukimia. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2008 Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan bahwa ramuan ginseng ini bisa menghambat aktivitas telomerase dan menyebabkan apoptosis pada sel leukimia manusia. Dua hal tersebut dapat menghambat perkembangan sel kanker, terutama bagi penderita leukimia.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan kelompok umbi-umbian yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kunyit juga bisa mengurangi rasa sakit akibat gejala penyakit leukimia. The University of Maryland Medical Center meunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit 300mg sebanyak tiga kali sehari dapat mengurangi rasa sakit akibat Leukimia.

  1. Daun zaitun

Daun zaitun yang memiliki nama lain olea europaea juga efektif mencegah pertumbuhan kanker. Peneliti dari UMMC mengatakan bahwa mengonsumsi ekstrak daun zaitun sebanyak 250-500 mg satu atau tiga kali sehari dapat memberikan efek anti-kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh. Meningkatnya kekebalan tubuh dapat memungkinkan tubuh mampu melawan infeksi atau gejala leukimia lainnya.

  1. Milk Thistle

Milk thistle merupakan ramuan yang berasal dari daerah Mediterania. Ramuan ini umumnya digunakan untuk penyakit hati dan membantu mengurangi pertumbuhan kanker tertentu, termasuk leukimia. Menurut National Center for Complementary and Alternative Medicine, ramuan ini juga sedang dipelajari untuk manfaatnya pada pasien dengan leukemia dan kerusakan terkait kemoterapi pada hati.

  1. Sweet Wormwood

Ramuan ini berasal dari negeri Cina yang mengandung anti-mikroba, anti-ragi, dan anti-candida. Sifat anti-ragi pada tanaman tersebut dipercaya bisa mengobati leukimia.

s-lutena obat kanker darahCara mencegah leukemia pada anak lainnya adalah dengan mengkonsumsi suplemen anti kanker. Ada banyak suplemen anti kanker yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen anti kanker S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah pertumbuhan kanker. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

S-Lutena dikenal sebagai obat anti kanker nomor satu, dan bertahun-tahun telah dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai obat anti kanker yang terbukti secara efektif menyelesaikan masalah tanpa masalah. Salah satu keunggulan dari S-Lutena adalah bebas dari efek samping karena kandungan komponennya berasal dari bahan-bahan alami.

Info Pemesanan KLIK WhatsApp Sekarang

Cara Mencegah Leukemia Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*