Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Penyakit kanker darah atau leukimia adalah bertambahnya sel darah putih yang tidak terkendali pada sumsum tulang menyebabkan kanker pada alat pembentuk darah. Karena meningkatnya sel darah putih yang  tidak normal dan menggantikan sel darah merah yang normal itu yang menyababkan sel-sel terganggu.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Leukemia yang biasa disebut Kanker Darah adalah salah satu jenis penyakit kanker. Kanker darah disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang. Karena jumlahnya yang meningkat,  sel-sel darah putih yang sebetulnya tidak normal tersebut menggantikan sel darah yang normal. Ciri-ciri penyakit kanker darah Ketidak normalan ini membuat fungsi sel terganggu.

ciri-ciri penyakit kanker darah

ciri-ciri penyakit kanker darah

Ciri-ciri penyakit kanker darah– Gejala Penyakit Kanker Darah

  • Pembengkakan kelenjar getah bening (di leher atau ketiak) yang biasanya tidak sakit
  • Demam atau berkeringat di malam hari
  • Sering infeksi
  • Merasa lemah atau lelah
  • Pendarahan dan mudah memar (gusi berdarah, bercak keunguan di kulit, atau bintik-bintik merah kecil di bawah kulit)
  • Pembengkakan atau rasa tidak nyaman di perut (karena hati/pancreas bengkak)
  • Berat badan turun drastic tanpa sebab jelas
  • Nyeri pada tulang atau sendi

 

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah

ü  Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Terjadi demam pada malam hari, seringnya disertai dengan keringat yang banyak.

ü  Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Sering mengalami infeksi karena hal-hal kecil.

ü  Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Selalu merasa lelah dan lemah tanpa sebab.

ü  Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Mudah terjadi pendarahan dan memar, misalnya gusi berdarah, bercak ungu di kulit atau bintik merah di bawah kulit.

ü  Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Adanya pembengkakan dan rasa tidak nyaman di perut dikarenakan hati atau pankreas yang bengkak.

ü  Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Berat badan menurun drastis tanpa sebab yang jelas.

ü  Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Tulang dan persendian terasa sakit dan ngilu.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah> Jenis Kanker Darah

Limfoma merupakan jenis dari kanker darah yang umumnya disebabkan oleh ketidaknormalan limfosit darah. Pada fungsinya sendiri, limfosit memiliki fungsi untuk melawan penyakit yang masuk dalma tubuh, namun ketidaknormalan tersebut malah membentuk tumor.

Limfoma burkitt merupakan limfoma tingkat tinggi yang berasal dari limfosit tipe B dan telah menyebar ke luar daerah sistem getah bening seperti sumsum tulang, darah, cairan spinalis dan susunan saraf pusat. Limfoma pada jenis ini dapat dialami oleh semua usia, namun dalam beberapa kasus sering terjadi pada usia anak – anak, orang dewasa muda dan paling banyak pada pria. Penyakit ini juga dapat menyerang pada penderita AIDS.

 

Secara umum Kanker Darah dibagi menjadi 2 tipe, yaitu :

1. Kanker Darah Kronis : Pada awal penyakit, sel-sel leukemia masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sel darah putih normal. Pasien mungkin tidak memiliki gejala apapun pada awalnya. Dokter pada umumnya mendeteksi dini kanker darah kronis pada pemeriksaan rutin. Perlahan-lahan, kanker darah kronis memburuk. Karena jumlah sel-sel leukemia dalam darah meningkat, orang mengalami gejala, seperti pembengkakan kelenjar getah bening atau infeksi. Ketika gejala muncul, biasanya ringan pada awalnya dan memburuk secara bertahap.

2. Kanker Darah Akut : Sel-sel leukemia tidak dapat melakukan pekerjaan sel darah putih normal. Jumlah sel leukemia meningkat pesat. Kanker darah akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila tidak diobati segera, maka penderita dapat meninggal dalam hitungan minggu hingga hari.

 

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*