Ciri Leukemia Pada Anak

Ciri Leukemia Pada Anak

 

Kenali Ciri Leukemia Pada Anak !! Leukemia adalah salah satu kanker yang sampai saat ini adalah kanker nomer satu yang membunuh anak-anak. Oleh sebab itu, kenalilah gejalanya dengan tepat. Secara umum kanker pada anak itu dibagi dua kelompok besar, yaitu cair dan padat. Leukemia adalah kanker bentuk cair yang terdapat di dalam darah. Leukemia paling banyak ditemui pada anak usia 2-6 tahun. Namun kanker ini bisa terjadi pada semua kelompok umur dengan kelompok terbanyak adalah anak-anak dan orangtua di atas usia 50 tahun.

Kasus kanker anak yang paling banyak terjadi adalah kanker darah (leukimia), dan kanker bola mata (retinoblastoma). Selain itu ada pula kanker tulang, kanker kelenjar getah bening, kanker hati, ginjal, indung telur, otak, dan lain-lain. Penyakit Leukemia (kanker darah) adalah kanker yang kerap menyerang anak-anak dan ini merupakan jenis kanker yang menyerang sel-sel darah putih.

Apa saja ciri leukemia pada anak ?

Anda mungkin akan mengetahui ciri leukemia pada anak ketika terluka dan mengeluarkan darah. Pada orang normal, ketika mengalami luka yang membuat darahnya keluar maka darah akan segera menggumpal dan aliran darah akan terhenti.

Namun, ketika anda mengalami luka yang menyebabkan darah anda keluar namun tidak cepat terhenti dan mengakibatkan anda kekurangan darah atau anemia atau bahkan darah anda berwarna agak pink. Itu bisa menjadi gejala awal terkena penyakit kanker darah.

Ciri Leukemia Pada Anak

Ciri Leukemia Pada Anak

Salah satu ciri leukemia pada anak adalah penderita sering mengalami mimisan. Pada orang normal mungkin mimisan dapat terjadi ketika dalam kondisi badan yang begitu tinggi. Mimisan yang terjadi akibat suhu badan yang tidak stabil tersebut biasa terjadi hanya dalam waktu yang singkat.

Namun bagi mereka yang menderita penyakit kanker darah, mimisan yang dialami akan di ikuti dengan pusing kepala yang begitu hebat. Jika anda sering mengalami mimisan dan sakit kepala yang hebat. Maka anda perlu waspada mulai sekarang.

Selain itu, ciri leukemia pada anak yang lainnya adalah sering mengalami pendarahan yang hebat pada gigi dan gusinya. Pendarahan pada gigi dan gusi bagi kebanyakan orang normal akan terjadi secara cepat dan itu mungkin karena kekurangan vitamin, darah yang keluar dari gusi adalah darah segar dan dapat dengan cepat diatasi.

Sedangkan bagi penderita leukemia, pendarahan yang terjadi pada gusi dapat terjadi pada waktu yang relative lebih sering. Pendarahan yang sering terjadi akan sulit sulit untuk diatas karena darah sangat sulit membeku. Ciri lainnya yaitu sering merasakan nyeri pada sendi atau tulang belakangnya.

Nyeri yang hebat dapat menyebabkan penderitanya mengalami demam yang cukup tinggi dikarenakan sumsum tulang belakang yang sedang digempur oleh sel-sel kanker. Selain itu, perlu untuk mengetahui ciri leukemia pada anak. Lebih banyak anak-anak tak begitu merasakan apa penyakit yang dideritanya.

Maka, Anda sebagai orang tua yang harus mengontrol dan mewaspadai hal itu. Kanker darah pada anak biasanya akan membuat berat badan anak terus berkurang atau menyusut. Penyusutan berat badan yang terjadi dikarenakan nafsu makan yang terus berkurang tiap waktunya. Ciri leukemia pada anak lainnya, yaitu anak akan mengalami kehilangan keseimbangan tubuhnya. Anak akan mudah terjatuh ketika berjalan. Dan, ketika mereka jatuh dan terluka, lukanya akan sulit diatasi akibat aliran darahnya yang sulit membeku.

Semoga informasi ini mengenai ciri leukemia pada anak dapat bermanfaat bagi anda. Dan semoga dapat membantu anda mengetahui ciri-ciri dini indikasi kanker darah. Sehingga memang demikian Anda akan cepat untuk mengantisipasinya.

Ciri Leukemia Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*