Gejala Awal Penyakit Leukimia

Gejala Awal Penyakit Leukimia

 

Gejala Awal Penyakit Leukimia

Gejala Awal Penyakit Leukimia

Gejala Awal Penyakit Leukimia – Leukimia adalah kanker yang terjadi pada sel-sel yang pembentuk darah yang penyebabnya belum diketahui dan memiliki gejala yang khas sejak pertama kali terjadi. Kenali gejalanya sejak dini untuk mendapatkan diagnosa yang lebih cepat sebelum kanker menyebar dan berakibat fatal.

Sebagian besar, leukemia mempengaruhi sel-sel darah putih seseorang tetapi beberapa jenis leukemia dimulai dalam sel darah lainnya juga. Beberapa kanker tulang memiliki gejala yang mirip dengan leukemia, tetapi tidak sepenuhnya sama.

Berikut beberapa gejala awal penyakit leukimia, antara lain :

  1. Darah sukar membeku

Leukimia terjadi karena sel darah putih yang belum matang mengacaukan trombosit darah yang penting untuk proses pembekuan darah. Hal ini yang membuat pasien leukimia sering pengalami perdarahan.

Umumnya jika seseorang terluka, maka darah yang keluar akan segera menggumpal dan aliran darah pun akan segera berhenti. Namun jika yang terluka dan berdarah adalah penderita leukimia, maka aliran darah akan sangat sulit dihentikan. Jika dilihat, darah yang dikeluarkan pun tidak berwarna merah pekat, melainkan berwarna merah muda.

  1. Sering berdarah dan memar

Gejala leukimia yang umum terjadi adalah sering mengalami pendarahan dan memar di bagian tubuh akibat kekurangan trombosit. Trombosit adalah fragmen sel atau sel yang membantu darah untuk membeku.

Rendahnya jumlah trombosit dalam tubuh mengakibatkan keterlambatan pembekuan darah. Tak jarang, muncul bintik-bintik merah atau bahkan keunguan yang disebut petechiae akibat adanya perdarahan minor di dalam kulit.

  1. Rentan terkena infeksi

Leukimia terjadi karena sel darah putih yang abnormal, akibatnya berbagai macam kuman yang menyerang tubuh tidak bisa dilawan oleh sel darah putih. Hal ini membuat tubuh jadi rentan terkena infeksi dan sering mengalami demam.

Umumnya, demam pada leukimia sering terjadi dan berlangsung selama beberapa hari dengan kenaikan suhu yang mencapai lebih dari 38 derajat celsius.

  1. Nyeri sendi dan tulang

Selanjutnya, penderita leukimia biasanya sering merasakan nyeri pada persendiannya atau di bagian tulang belakang. Bahkan rasa nyeri yang luar biasa ini bisa membuat penderita mengalami demam tinggi. Selain nyeri di bagian sendi dan tulang belakang, penderita leukimia juga sering merasakan nyeri di bagian perut akibat organ hati atau limpa mengalami pembengkakan.

  1. Anemia

Anemia adalah salah satu gejala leukimia. Pasalnya anemia terjadi karena seseorang kekurangan sel darah merah. Oleh sebab itu, penderita leukimia umumnya mengalami anemia yang menyebabkan seseorang mengalami sesak napas, warna kulit pucat, lemah, letih, dan lesu. 

  1. Berat badan menjadi turun drastis

Penyakit leukemia dapat menurunkan nafsu makan dari penderita. Ini memberikan dampak negatif pada tubuh dimana berat badan menjadi menurun secara drastis tanpa adanya sebab yang jelas. Tanda ini perlu diwaspadai karena adanya kemungkinan terjadi penyakit kanker darah atau leukemia.

  1. Kehilangan keseimbangan

Orang yang terkena leukemia akan merasa kesulitan dalam menjaga keseimbangan pada tubuhnya. Sehingga orang tersebut akan mudah terjatuh ketika berjalan atau berlari. Segera lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebab yang lebih jelasnya lagi, terutama jika hal ini dialami oleh anak-anak.

  1. Mudah merasa lelah

Jika tubuh mudah merasa lelah meskipun melakukan aktivitas yang ringan, patut dicurigai bahwa hal tersebut merupakan gejala leukemia. Kelelahan ini disebabkan karena meningkatnya produksi sel darah putih sehingga energi dalam tubuh cepat habis.

  1. Sering berkeringat di malam hari

Tanda selanjutnya yang dialami oleh penderita leukemia, yaitu sering berkeringat pada malam hari. Keringat yang dihasilkan sangat melebihi batas normal dan patut diwaspadai bahwa ini merupakan gejala dari leukemia.

  1. Pernapasan yang tidak normal

Tanda lainnya dari leukemia, yaitu terjadi sesak napas. Sesak napas yang terjadi bagi penderita leukemia berlangsung cukup lama. Selain itu, hal ini sulit untuk disembuhkan, karena sel-sel kanker yang sudah menyebar ke organ tubuh lain.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala penyakit leukimia di atas, segera hubungi dan periksakan diri ke dokter. Terutama untuk gejala yang sering kambuh atau tidak kunjung membaik. Semoga bermanfaat ^^

Gejala Awal Penyakit Leukimia

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*