Jenis Kanker Pada anak

Jenis Kanker Pada Anak

Jenis Kanker pada anak>> Kanker pada anak memang berbeda dari kanker yang dijumpai pada orang dewasa. Kanker pada orang dewasa dapat dicegah, sementara pada anak tidak.

Jenis Kanker pada anak>> Perlu diketahui bahwa pola hidup dan makan yang sehat tetap harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Bukan semata bertujuan mencegah kanker yang dapat timbul pada usia kanak-kanak, namun untuk mencegah agar pada saat mereka menginjak usia dewasa, dapat terhindar dari berbagai jenis kanker yang biasanya menyerang orang dewasa.

jenis kanker pada anak

jenis kanker pada anak

Berikut Jenis- jenis kanker pada anak

Jenis Kanker Pada Anak>> Leukemia adalah penyebab kanker pada anak paling sering. Jenis leukemia yang paling sering ditemukan pada anak-anak yaitu Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL). Faktor risiko untuk ALL diantaranya terpapar sinar X sebelum lahir, terpapar radiasi, riwayat kemoterapi, perubahan genetik tertentu dan gangguan genetik tertentu seperti Down Syndrome.  Jika terjadi gejala mencurigakan pada anak, segera kunjungi dokter karena ALL akan memburuk dengan cepat jika tak kunjung ditangani.

Jenis Kanker Pada Anak>> Limfoma merupakan kanker yang menyerang kelenjar getah bening, timus, limpa, amandel, kelenjar gondok dan sumsum tulang. Terdapat dua jenis limfoma yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin (NHL). Jenis kanker pada anak seperti Limfoma sendiri tercatat sebagai jenis kanker terbanyak kedua yang menyerang anak-anak. Biasanya gejala awal limfoma Hodgkin adalah pembesaran kelenjar getah bening yang tak terasa nyeri di leher, di atas tulang selangka, di bawah ketiak atau pangkal paha. Sedangkan untuk NHL, gejalanya antara lain susah bernafas, mengi, batuk-batuk, nafas yang mengelurkan suara bernada tinggi, pembengkakan kepala, leher atau tubuh bagian atas, susah menelan makanan, penurunan berat badan yang tak wajar dan berkeringat di malam hari.

Jenis Kanker Pada Anak>> Kanker otak dan kanker saraf tulang belakang sendiri merupakan jenis kanker pada anak ketiga yang paling banyak ditemukan setelah leukemia dan limfoma. Penyebab kedua kanker ini sendiri masih belum diketahui.  Gejalanya bisa berbeda dari satu pasien ke pasien yang lain. Namun gejala yang paling sering ditemukan pada pasien tumor otak diantaranya sakit kepala di pagi hari atau sakit kepala yang tak kunjung pergi setelah muntah-muntah; sering mual dan muntah-muntah; gangguan penglihatan, pendengaran dan bicara; kehilangan keseimbangan dan kesulitan berjalan; rasa kantuk yang tak biasa atau perubahan kadar aktivitas; perubahan kepribadian atau perilaku yang tak wajar; kejang-kejang; dan peningkatan ukuran kepala (pada bayi).  Sedangkan gejala tumor saraf tulang belakang antara lain nyeri punggung atau nyeri yang menyebar dari punggung dan menjalar ke lengan atau kaki; perubahan kebiasaan buang air besar atau sulit buang air kecil; kaki lemas; dan sulit berjalan.

Jenis Kanker Pada Anak>> Retinoblastoma adalah kanker mata pada anak. Ini berasal dari retina, lapisan peka cahaya, di mata. Ini adalah mata yang paling umum tumor mata pada anak. Saat anak tidak mengeluh dari setiap gangguan pandangan mata, tumor mungkin tetap tidak terdeteksi. Cara yang paling umum dari presentasi adalah refleks putih (leukokoria) di belakang murid. Kanker ini juga disebut mata kucing refleks. Mungkin ada penyebab lain putih refleks ini juga, tetapi evaluasi oleh dokter mata adalah suatu keharusan di semua anak-anak untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit ini hidup serius dan berpotensi mengancam.  Gejala lain adalah juling (mata juling) , visi miskin , mata merah menyakitkan, peradangan pada jaringan di sekitarnya mata, penonjolan bola mata (proptosis), dll Kadang-kadang terdeteksi pada pemeriksaan mata rutin oleh dokter mata, terutama di seorang anak dengan riwayat keluarga penyakit ini.

Jenis Kanker Pada Anak>> Kanker kolorektal atau kanker anus Memiliki keluarga inti dengan riwayat kanker kolorektal dapat melipatgandakan risiko seseorang untuk terserang penyakit serupa. Riwayat penyakit peradangan usus juga dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Faktor risiko yang dapat dicegah dari kanker ini diantaranya merokok, konsumsi alkohol berlebihan dan obesitas.

Jenis Kanker Pada Anak>> Kanker Melanoma, Meski paling banyak terjadi pada orang dewasa, terkadang kanker ini juga ditemukan pada anak-anak dan remaja berusia antara 10-19 tahun. Faktor risikonya antara lain berkulit putih, terpapar cahaya matahari atau penggunaan tanning bed, mempunya sejumlah tahi lalat atau keluarga memiliki riwayat melanoma. Cara terbaik untuk mencegah melanoma adalah melindungi kulit dari radiasi UV dengan memakai tabir surya, tidak berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, dan mengenakan baju pelindung ketika keluar ruangan.

Jenis Kanker Pada Anak>> Sarkoma berkontribusi sebagai kanker yang menyerang anak-anak sebesar 15 persen. Jenis kanker pada anak seperti Sarkoma dapat menyerang bagian tubuh manapun namun yang paling sering terkena kanker ini adalah kaki dan tangan karena sebagian besar jaringan ikat tubuh terletak di dalam keduanya. Secara garis besar ada lima sub-kanker sarkoma yang biasa menyerang anak-anak dan orang dewasa muda yaitu kanker tulang, sarkoma Ewing, rhabdomyosarcoma, sarkoma jaringan lunak dan sarkoma rahim.

Jenis Kanker Pada Anak>> Kanker tiroid kebanyakan terjadi pada wanita berusia antara 25-65 tahun. Orang yang sering terpapar radiasi pada kepala dan lehernya ketika masih kecil berisiko tinggi terkena kanker ini. Penduduk benua Asia juga dikatakan paling tinggi risikonya terkena kanker tiroid. Gejala yang paling umum diantaranya benjolan di leher, susah bernafas, sulit menelan makanan atau suara serak.

 

Jenis Kanker Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*