Jenis Leukemia Yang Perlu Di Waspadai

Jenis Leukemia Yang Perlu Di Waspadai

 

Jenis Leukemia Yang Perlu Di Waspadai – Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang.

Jenis Leukemia Yang Perlu Di Waspadai

Jenis Leukemia Yang Perlu Di Waspadai

Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Namun lain halnya dengan pengidap kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

Selain menumpuk, sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

Jenis –  Jenis Leukemia

Ada berbagai jenis kanker darah. Berdasarkan kecepatan perkembangannya, kanker ini dapat dikelompokkan menjadi akut dan kronis.

Kanker darah akut berkembang dengan cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal atau sel yang belum matang sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. Pertumbuhan ini sangat pesat  begitu pun penyebarannya ke dalam aliran darah. Jenis ini harus ditangani dengan segera. Jika dibiarkan, tubuh akan kekurangan oksigen dan kekebalan tubuh terhadap penyakit atau infeksi menurun.

Sementara itu, kanker darah kronis berkembang secara perlahan-lahan dan dalam jangka panjang. Sel-sel darah putih yang seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, serta organ-organ lain yang terkait.  Sel-sel ini lebih matang sehingga dapat berfungsi dengan baik untuk beberapa saat, Oleh karena itu, gejalanya cenderung tidak segera dirasakan sehingga baru terdiagnosis setelah bertahun-tahun.

Kanker darah juga dapat dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa dikenal dengan istilah leukemia limfotik dan yang menyerang sel-sel mieloid disebut leukemia mielogen.

Berdasarkan dua pengelompokan di atas, terdapat empat jenis kanker darah yang paling sering terjadi. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis.

  1. Leukemia limfositik akut

Leukemia limfositik akut alias ALL akan menghambat fungsi limfosit sehingga sang penderita berisiko mengalami infeksi serius. Tipe ini juga dikenal sebagai leukemia limfoblastik. Leukemia limfotik akut adalah jenis paling awam terjadi pada anak-anak kecil. Meski begitu orang dewasa juga bisa mengidapnya, terutama lansia di atas 65 tahun. Di Amerika Serikat tingkat kesembuhan ALL dalam kurun waktu lima tahun mencapai 85%.

  1. Leukemia limfositik kronis

Leukemia limfositik kronis alias CLL biasanya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena penderita cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya dalam jangka waktu lama. Leukemia jenis ini paling awam terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 55 tahun, meskipun orang-orang berusia lebih muda juga dapat mengidapnya.

Leukemia limfositik kronis adalah jenis yang paling awam diderita ketika usia dewasa. CLL hampir tidak pernah menyerang anak-anak. Mayoritas penderita CLL adalah pria. Tingkat kesembuhan penderita leukemia limfositik kronis dalam 5 tahun terakhir mencapai 82% di Amerika serikat.

  1. Leukemia mielositik akut

Leukemia mielositik akut alias AML membentuk sel-sel mieloid tidak sempurna yang dapat menyumbat pembuluh darah. AML lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan anak-anak. Leukemia jenis ini lebih sering diderita pria dibandingkan wanita. Pasien penderita leukemia mielositik akut akan diobati lewat kemoterapi.

Menurut sistem klasifikasi WHO, ada enam kelompok utama AML yang berbeda. Tingkat kesembuhan pada anak-anak dalam kurun waktu lima tahun mencapai 60 hingga 70%. Akan tetapi, tingkat kesembuhan pada keseluruhan penderita dari berbagai umur adalah 26%.

  1. Leukemia mielositik kronis

Leukemia mielositik kronis alias CML terdiri dari dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal berkembang perlahan-lahan. Pada tahap kedua, jumlah sel abnormal akan bertambah dengan pesat dan jumah sel darah sehat akan menurun drastis. Penderita leukemia jenis ini sebagian besar adalah orang dewasa. Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat tingkat kesembuhan para penderita CML dalam 5 tahun adalah 65,1%.

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah

Penyebab dasar kanker darah belum diketahui secara pasti. Namun, diduga mutasi DNA dalam sel darah putih menyebebakan perubahan tindakan setiap sel, Selain itu, perubahan lain dalam sel darah putih  akibat faktor gen dan lingkungan juga diperkirakan turut berperan memicu leukemia.

Faktor-faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko kanker darah meliputi:

  • Faktor keturunan atau genetika. Penderita down syndrome atau gangguan genetika lain yang langka meningkatkan risiko mengalami leukemia akut. Sedangkan leukemia limfatik kronis sering diturunkan dalam keluarga dan biasanya dialami pria. Selain itu, riwayat keluarga yang mengidap leukemia juga dapat memperbesar risiko mengalami penyakit yang sama.
  • Pernah menjalani pengobatan kanker. Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu kanker darah.
  • Pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu. Misalnya orang yang pernah terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaktor nuklir atau mengalami pajanan zat kimia seperti benzena.
  • Rokok tidak hanya akan meningkatkan risiko kanker darah (terutama leukemia mielogen akut), tapi juga berbagai penyakit lain.

Itulah 4 jenis leukemia yang perlu di waspadai. Tentu saja tak ada yang ingin dirinya atau anggota keluarga menderita penyakit berat seperti ini. Namun, tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan dan waspada serta mengambil langkah pencegahan dengan gaya hidup sehat. Semoga kita semua selalu terhindar dari penyakit fatal seperti leukemia. Semoga bermanfaat ^^

Jenis Leukemia Yang Perlu Di Waspadai

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*