KANKER DARAH, FAKTA LEUKIMIA

KANKER DARAH, FAKTA LEUKIMIA

 

kanker darahKANKER DARAH – Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian, tak terkecuali di Indonesia. Meskipun semua jenis penyakit kanker, ada beberapa jenis penyakit kanker yang paling berbahaya dan mematikan yakni dengan jumlah kematian tertinggi seperti yang diumumkan oleh WHO dalam menyambut hari kanker sedunia 2012. Kanker darah atau yang biasa dikenal dengan leukimia adalah penyakit yang disebabkan oleh proliferasi abnormal pada sel darah putih yang menyebabkan terjadinya kanker pada alat pembentuk darah. Leukemia adalah gabungan dua kata yang berasal dari yunani, yaitu leukos (putih) dan haima (darah). Penyakit leukimia akan menyerang dua organ penting dalam tubuh manusia, yaitu jaringan getah bening dan sumsum tulang.

Leukemia atau Kanker Darah merupakan jenis kanker berbahaya. Dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2007 sedikitnya 41.000 orang meninggal dunia karena menderita kanker leukemia ini. Leukemia memiliki beberapa jenis yang semuanya berdampak pada jaringan pembentuk sel darah dalam tubuh seperti sistem limfatik dan tulang belakang. Hal ini mengakibatkan tubuh lebih banyak memproduksi sel darah putih secara berlebihan dan membahayakan. Klasifikasi dari jenis kanker darah ini didasarkan pada jaringan mana saja yang diserang dan seberapa cepat penyebaran selnya.

 

FAKTA MENGENAI LEUKIMIA/KANKER DARAH

  • Setiap empat menit sekali, satu orang di Amerika Serikat terdiagnosis memiliki kanker darah.
  • Leukemia bukan satu-satunya kanker darah. Ada dua jenis kanker darah lain yaitu lymphoma yang menjangkiti sistem limfa, serta myeloma yang menyerang sel plasma dalam tubuh.
  • Lebih dari satu juta orang di Amerika Serikat hidup dengan leukemia, lymphoma, atau myeloma.
  • Leukemia adalah jenis kanker ke-10 yang paling banyak menjangkiti manusia dari semua ras dan etnis.
  • Setiap 10 menit sekali, satu orang di Amerika Serikat meninggal karena kanker darah.
  • Leukemia adalah penyebab sepertiga kematian akibat kanker pada anak berusia di bawah 15 tahun.
  • Usia adalah hal yang penting untuk menentukan risiko seseorang terkena kanker darah, seperti myeloma. orang yang berusia di bawah 45 tahun jarang terkena penyakit ini. Sementara orang berusia di atas 67 tahun memiliki risiko yang tinggi.
  • Pria memiliki risiko 31 persen lebih tinggi terkena leukemia. Mereka juga memiliki risiko lebih besar untuk meninggal akibat penyakit tersebut.

 

Itulah beberapa fakta yang mungkin belum pernah Anda ketahui mengenai kanker darah leukemia dan kanker darah lainnya. Kanker ini sangat berbahaya dan telah menjangkiti banyak orang di dunia.

Sekian artikel mengenai kanker darah berikut faktanya. Semoga artikel mengenai kanker darah diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

KANKER DARAH, FAKTA LEUKIMIA

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*