KANKER DARAH PADA ANAK DAN PENCEGAHAN

KANKER DARAH PADA ANAK DAN PENCEGAHAN

 

KANKER DARAHKanker darah atau adalah kondisi sel-sel darah putih yang lebih banyak daripada sel darah merah tapi sel-sel darah putih ini bersifat abnormal. Leukemia terjadi karena proses pembentukan sel darahnya tidak normal. Sel induk darah gagal terbentuk dan tidak matang tepat pada waktunya. Akibatnya dua tipe sel darah putih jumlahnya berlebih dan berkembang yakni sel myeloid dan limphoid. Jika jumlah sel abnormal tersebut semakin banyak, maka fungsi sel darah putih yang tadinya bertugas melindungi dan melawan infeksi, berubah menjadi sel ganas yang menyebabkan gejala yang menyimpang.

 

kanker darah

Kanker Darah Pada Anak

Tak seperti kanker pada orang dewasa yang umumnya terjadi karena gaya hidup tidak sehat, kanker pada anak belum diketahui penyebab pastinya. Hal ini menjadikan kanker pada anak tak dapat dicegah. Kanker pada anak terjadi sebanyak dua hingga tiga persen dari total kasus kanker di Indonesia. Edi mengatakan, jumlah tersebut masih belum mencakup kasus-kasus yang belum diketahui, sehingga kemungkinan jumlahnya masih lebih banyak lagi. Diperkirakan tahun ini ada sekitar 4100 kasus baru kanker anak. Hampir 60 persen kanker yang dialami anak-anak adalah kanker darah atau leukemia.

 

GEJALA KANKER DARAH

  • Anak-anak leukemia umumnya mengalami anemia dengan ciri-ciri muka pucat, tak bertenaga alias lemas, gampang lelah dan sesak napas. Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah.
  • Nyeri tulang
  • Kelenjar yang bengkak
  • Mudah berdarah dan memar
  • Demam dan mudah terkena infeksi
  • Gejala lainnya adalah mimisan, perdarahan gusi, kesulitan bernapas, kehilangan nafsu makan, berat badan rendah, sakit kepala, hati dan limpa membesar, keringat berlebihan pada malam hari dan munculnya bintik-bintik merah kecil pada kulit, yang dikenal sebagai petechiae.

 

PENCEGAHAN KANKER DARAH

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker darah :

Olahraga yang Teratur

Pencegahan kanker darah yang pertama adalah dengan cara olahraga yang teratur. Olah yang teratur akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Sehat berarti bebas dari penyakit, termasuk penyakit kanker. Menurut American Cancer Society (ACS), olahraga teratur terbukti mampu mengurangi risiko kanker. ACS merekomendasikan minimal 30 menit per hari untuk berolahraga, bisa dilakukan minimal 5 hari per minggu. Ada banyak yang bisa kita lakukan untuk berolahraga ini seperti jalan cepat, jogging, latihan kekuatan, atau berenang. Olahraga adalah cara alami mencegah kanker! Jadi, kenapa kita tidak melakukannya?

Diet

Pencegahan kanker darah yang kedua adalah dengan cara melakukan diet. Penelitian juga mengatakan bahwa diet yang sehat dapat membantu mencegah perkembangan kanker, termasuk kanker darah. Diet ini bisa dilakukan dengan cara memperbanyak mengonsumsi makanan kaya biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, serta meminimalkan konsumsi lemak, khususnya lemak hewan. Menjaga berat badan yang ideal karena obesitas merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker. Hindari juga makanan siap saji, karena ini juga berbahaya. Konsumsi sayuran dan buah yang segar sangat menyehatkan. Selain terhindar dari kanker, anda juga bisa menghindari penyakit-penyakit lainnya.

Menghindari Rokok Dan Alkohol

Pencegahan kanker darah yang ketiga adalah dengan cara menghindari rokok dan alkohol. Selain olahraga dan diet, anda juga harus menghindari rokok, baik sebagai perokok aktif ataupun pasif. Rokok merupakan penyebab sebagian kanker yang terjadi. Rokok selain menyebabkan kanker paru, bisa juga menyebabkan kanker jenis lain, seperti kanker darah dan kanker leher rahim. Selain itu, Anda juga harus menghindari alkohol. Alkohol sama berbahayanya dengan rokok.

Menghindari Zat Karsinogenik

Pencegahan kanker darah selanjutnya adalah dengan cara menghindari zat karsinogenik. Hindarilah zat karsinogenik, karena juga bisa menyebabkan kanker. Zat karsinogenik adalah zat penyebab kanker, zat ini juga bisa dihasilkan dari proses pemasakan dengan cara digoreng, ditumis atau dibakar. Akan jauh lebih baik memasak dengan cara mengukus atau merebus. Buah dan sayuran non-organik juga kemungkinan bersifat karsinogen. Jadi, tetap waspada!

Deteksi Dini

Untuk melakukan pencegahan kanker darah juga bisa dilakukan dengan deteksi dini. Hal ini bisa dilakukan sehingga bisa mencegah kanker lebih cepat.

 

KANKER DARAH PADA ANAK DAN PENCEGAHAN

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*