LEUKEMIA, JENIS KANKER MEMATIKAN !

LEUKEMIA, JENIS KANKER MEMATIKAN !

 

LEUKEMIALeukemia atau yang juga dikenal dengan kanker darah merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat dikategorikan sebagai sebuah penyakit ganas atau mematikan. Kanker ini terjadi pada darah atau sumsum tulang dan limpa yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel darah putih (leukosit) abnormal yang tidak terkendali. Sel – sel leukosit tak normal ini kemudian menggantikan sel – sel normal di dalam sum – sum tulang belakang. Selanjutnya sel darah putih ini mempengaruhi hematopoiesis atau proses pembekuan sel darah normal sehingga dapat mengganggu sistem imun tubuh penderita.

leukemia

Penderita Leukemia

Leukemia sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber sel dan karakteristik morfologinya, yakni sebagai berikut:

  • Leukimia myeloid akut, yakni sejenis proliferasi leukosit yang tidak normal dari leukimia myeloid. Leukemia jenis ini ditandai dengan proliferasi cepat dan tak terkendali oleh sel darah abnormal dalam sum – sum tulang belakang dan mempengaruhi pertumbuhan sel darah normal.
  • Leukimia myeloid kronis, yakni berupa penyakit klon sel proliferasi pada hematopoietic. Pada leukimia jenis ini, umumnya ditandai dengan adanya pertumbuhan sel darah putih dalam jumlah yang banyak dan organ limpa mengalami pembesaran.
  • Leukimia limfoblastik akut, yakni berupa gangguan pada sel hiperplasia lymphoblastoid dan kelainan pada sel lymphoblastoid. Jenis leukimia ini dapat berkembang dengan sangat cepat dan pesat.
  • Leukimia limfositik kronis, yakni berupa tumor ganas yang dapat mempengaruhi limposit. Leukimia jenis ini ditandai dengan belum berhasilnya proses agregasi sel oleh sebagian besar limfosit sehingga menghambat menghambat hematopoietic normal pada sum–sum tulang.

 

Tahukah anda jika setiap tahunnya, 3.000 anak positif divonis dengan leukimia dengan rasio kebanyakan besar dari mereka belum genap berusia 5 tahun dan 12% lainnya berusia 15 tahun ke atas. Secara umum, deteksi dini kanker darah ini cukup menguntungkan, karena memberikan kesempatan bagi pasien untuk melakukan pengobatan lebih cepat. Akan tetapi orang dewasa dan remaja yang terkena leukimia justru tidak termasuk dalam kondisi tersebut.

Para peneliti pun melaporkan penemuan mereka pada pertemuan rutin American Society of Clinical Oncology di Chicago dan menyebutkan kesempatan bertahan hidup selama 5 tahun bagi penderita kanker remaja dan orang dewasa adalah 80%, namun anak-anak justru memiliki kesempatan yang lebih besar, yaitu 88.4%. Selain itu, mereka yang berusia 15 tahun ke atas bahkan bisa meninggal bukan karena kanker, namun disebabkan karena pengobatan yang dijalani. Leukemia adalah jenis kanker ke-10 yang paling banyak menjangkiti manusia dari semua ras dan etnis.

 

Sekian artikel mengenai leukimia, jenis kanker mematikan. Semoga artikel mengenai leukimia, jenis kanker mematikan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

LEUKEMIA, JENIS KANKER MEMATIKAN !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*