Leukemia Myeloid Akut

Leukemia Myeloid Akut

 

Leukemia Myeloid Akut – Leukemia atau kanker darah, umumnya dijumpai pada anak-anak.  Tetapi ada tipe leukemia yang lebih banyak didiagnosis atau ditemukan pada orang dewasa, yaitu Acute myeloid leukemia (AML). Seperti leukemia tipe lainnya, AML adalah kanker pada darah dan sum-sum tulang belakang. Gejala AML cukup banyak, di antaranya mudah terluka, nyeri atau lemah tulang, kelelahan, demam, sering perdarahan dari hidung atau gusi, sesak napas dan kadang disertai penurunan berat badan.

AML jarang sekali ditemui pada usia di bawah 40 tahun. Ada banyak kemungkinan penyebab AML, di antaranya kelainan darah, kumpulan penyakit yang diwariskan, paparan lingkungan, atau pengaruh obat-obatan tertentu. Tetapi sampai saat ini penyebab pasti AML tidak diketahui.

Di Indonesia tidak ada data pasti berapa pengidap AML. Di Amerika, diperkirakan jumlah kematian akibat AML antara 2009-2013 mencapai 100.000. Kasusnya mencapai 4,1 per 100.000 orang laki-laki dan perempuan per tahun dengan kematian 2,8 per 100.000 orang laki-laki dan perempuan per tahun. Risiko seseorang menmiliki AML adalah 0,5%.

AML adalah sejenis kanker ketika sumsum tulang belakang selaku pabrik pembuat sel darah menghasilkan sel-sel darah yang tidak normal, baik sel darah putih, sel darah merah, maupun platelet. Pengertian akut dalam Acute myeloid leukemia adalah, leukemia jenis ini dapat memburuk dengan sangat cepat jika tidak dilakukan terapi, dan dapat mematikan hanya dalam hitungan bulan. Sedangkan “myeloid” mengacu pada jenis sel yang mengalami kelainan.

Leukemia Myeloid Akut

Leukemia Myeloid Akut

Pada jenis leukemia akut ini, sel-sel yang mengalami kerusakan adalah sel-sel darah yang belum matang (disebut sel blast), sehingga perjalanan penyakitnya lebih cepat karena mengikuti sifat sel blast yang membelah cepat. Ketika terjadi kanker, sel-sel blast ini berhenti membelah. Sedangkan pada leukemia kronik, sel-sel yang rusak adalah sel yang sudah matang namun dalam kondisi tidak normal. Misalnya tidak mampu melawan infeksi seperti sel-sel darah putih yang normal. Peluang hidup leukemia kronik umumnya lebih panjang dan penyakit ini berkembang lebih lamban, meskipun pengobatannya lebih sulit dibandingkan leukemia akut.

Tanda-Tanda & Gejala

Efek dari sel-sel leukemia yang dimulai dari dalam sumsum tulang, menghasilkan sebagian besar gejala Acute Myeloid Leukemia (AML), dan membuat tubuh tidak mungkin untuk memproduksi cukup sel darah normal.

Berikut adalah gejala umum dari leukemia myeloid akut :

  • Pasien terlihat sangat pucat dan merasa kelelahan. Dia mungkin mudah mengalami sesak napas. Hal seperti ini berasal dari kekurangan sel darah merah.
  • Pasien yang kekurangan sel darah putih yang sehat akan mengalami beberapa infeksi satu per satu.
  • Terlalu sedikit trombosit dapat menyebabkan perdarahan yang tidak biasa, termasuk memar tanpa alasan yang jelas, menstruasi yang berat pada wanita, gusi berdarah, dan mimisan terus-menerus.
  • Pasien dapat mengembangkan bercak darah atau ruam pada kulit.
  • Secara umum, pasien mungkin merasa tidak enak badan dan kondisi tubuhnya semakin menurun, mungkin disertai pula dengan sakit tenggorokan atau mulut.
  • Pasien juga mungkin mengalami demam tinggi dan banyak mengeluarkan keringat di malam hari.

Gejala yang jarang mungkin terjadi:

  • Pasien mungkin merasa sakit pada sendi dan tulang. Selain itu, bisa juga muncul area berwarna keunguan pada kulit yang pucat.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Apa Saja Faktor Penyebab Leukemia Myeloid Akut ?

Penyebab leukemia myeloid akut sama dengan penyebab jenis kanker darah limfosit kronis, yaitu :

  • Faktor usia mempengaruhi resiko terkena kanker darah leukimia myelogenous. Paling umun pada manusia berusia diatas umur 60 tahun.
  • Faktor penyebab Leukemia Myeloid Akut adalah karena efek pengobatan kanker sebelumnya, seperti terapi radiasi dan kemoterapi yang kemungkina besar beresiko terkena kanker darah leukimia myeloid akut. Penyebab Leukemia Myeloid Akut
  • Penyebab leukemia myeloid akut lainnya yaitu karena paparan radiasi. Terkena paparan radiasi yang sangat tinggi pada reaktor nuklir, dan mudah sekali terkena kanker darah leukimia myeloid akut. Penyebab Leukemia Myeloid Akut
  • Terkena paparan bahan kimia yang berbahaya, contohnya saja seperti benzena.
  • Asap rokok yang memiliki kandungan zat kimia dan benzena penyebab leukemia myeloid akut. Penyebab Leukemia Myeloid Akut
  • Faktor penyebab leukemia myeloid akut lainnya akibat adanya kelainan darah, seperti myelodysplasia, polisitemia vera atau thrombocythemia, merupakan resiko yang sangat besar terjangkitnya kanker jenis ini.
  • Kelainan genetik seperti down syndrom yang sangat berhubungan langsung dengan penyakit kanker leukimia myeloid akut. Penyebab Leukemia Myeloid Akut
  • Faktor lingkungan, contohnya saja seperti vaksinasi anak-anak dan tinggal di dekat dengan kabel listrik bertegangan tinggi.

Karena Leukemia Myeloid Akut sangat fatal, maka penting untuk memulai pengobatan sesegera mungkin setelah diagnosis. Pengobatan utama adalah kemoterapi. Tujuannya untuk membunuh sel-sel kanker. Terapi radiasi, tidak selalu diberikan untuk AML, tetapi dapat diberikan untuk membunuh sel-sel kanker yang sudah mencapai otak, tulang, atau testis. Terapi radiasi juga diberikan  sebelum pasien menjalani transplantasi sel induk.

Transplantasi sumsum tulang belakang merupakan pilihan terapi yang menjanjikan. Sumsum tulang belakang pasien diganti dengan sel-sel induk yang diambil dari donor atau dari sumsum tulang pasien sendiri, atau dari darah tepi.

Apakah Leukemia Myeloid Akut bisa sembuh ?

Leukemia Myeloid Akut bisa sembuh dengan mengkonsumsi suplemen anti kanker. Super Lutein Naturally Plus (S-Lutena nama yang digunakan di Indonesia) merupakan herbal yang berasal dari bahan-bahan alami dan bebas dari efek samping. S Lutena dikenal sebagai obat anti kanker nomor satu, dan bertahun-tahun telah dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai obat anti kanker yang terbukti secara efektif menyelesaikan masalah tanpa masalah. Salah satu keunggulan dari S Lutena adalah bebas dari efek samping karena kandungan komponennya berasal dari bahan-bahan alami.

Secara umum, S Lutena memiliki manfaat sebagai anti aging (anti penuaan) bagi tubuh. Yakni; Anti Aging Mata, Anti Aging Otak, Anti Aging Kulit, Anti Aging Imunitas, Anti Aging Metabolisme, dan Anti Aging Organ Keseluruhan. Konsumsi 3 kapsul Super Lutein setara dengan 5 porsi sayuran dan 4 porsi buah-buahan dengan 6 macam warna. Dua puluh (20) menit setelah konsumsi, Super Lutein akan diserap oleh pencernaan, dan dalam waktu empat puluh (40) menit diserap oleh mata. Oleh karenanya, setelah konsumsi Super Lutein pandangan mata akan lebih cerah dan terang.

S-Lutena bekerja sebagai penawar racun dalam tubuh, mengganti sel, memperbaiki sel serta memperbaharuinya dengan sel-sel tubuh yang baru. S-Lutena juga berperan sebagai antioksidan yang mampu mengikat radikal-radikal bebas di dalam tubuh yang dapat memicu munculnya sel kanker. Untuk penjagaan dini terhadap resiko terkena kanker, S-Lutena sangat cocok untuk Anda pilih sebagai obat anti kanker yang aman tanpa efek samping. Jangan putus asa dengan vonis dokter, telah jutaan orang mengakui S Lutena, kini giliran Anda! Leukemia Myeloid Akut

Leukemia Myeloid Akut

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*