Leukemia Salah Satu Kanker Ganas

Leukemia Salah satu Kanker Ganas

Leukemia dalah salah satu peyakit kanser yang menyerang sel darah. Jadi leukemia adalah kanser sel darah. Banyak jenis kanser menyerang manusia pada usia tertentu, tetapi leukimia menyerang semua usia sejak bayi hingga orang tua. Kerana leukemia adalah sel kanser darah maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang sel  darah dan apa yang terjadi jika timbul leukemia.

Dalam aliran darah ada terdapat komponen darah yang terbentuk zat cair yang disebut plasma darah dan komponen darah yang terbentuk sel, yang terdiri dari 3 jenis sel yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

  1. Sel darah merah atau eritrosit yang berfungsi membawa karbon dioksida (CO2) dari seluruh tubuh ke paru-paru. Sel darah merah inilah yang memberi warna darah kerana jumlahnya yang paling besar.
  2. Sel darah putih atau lekosit yang bertugas melawan infeksi
  3. Sel keping darah atau trombosit yang menutup lubang jika terjadi kebocoran pembuluh darah dan bersama faktor pembekuan menghentikan perdarahan.
leukemia salah satu kanker ganas

leukemia salah satu kanker ganas

Ketiga jenis sel darah tersebut diproduksi dalam sum-sum tulang iaitu bahagian tengah tulang yang berbentuk seperti spons. Semua sel darah berasal dari satu sel induk yang disebut sel stem pluripoten. Sel darah yang masih muda (immature) disebut sel blast. Semua sel blast ini dalam keadaan normal berada dalam sum-sum tulang sampai berbentuk sel matang (mature). Sel-sel darah diproduksi secara teratur dan terkontrol sesuai kebutuhan tubuh. Misalnya, jika terjadi perdarahan (menstruasi dll) sum-sum tulang akan membuat sel darah merah lebih cepat/ lebih banyak untuk mempertahankan  kadar haemoglobin.

Sel Leukemia

Jika terjadi leukemia, sum-sum tulang memproduksi sel darah merah tertentu yang tidak normal dalam jumlah yang berlebihan. Sel leukemia dengan pewarna khusus dibawah mikroskop nampak berbeda dengan sel normal. Disamping bentuknya, sel leukemia juga berfungsi tidak seperti semestinya.

Jenis jenis leukemia yang paling sering ditemui adalah ?

Berdasarkan sumber sel dan karakteristik morfologi, leukemia dapat dibagi menjadi kategori – kategori sebagai berikut :

  1. Leukemia myeloid akut : yaitu sejenis proliferasi sel darah putih yang abnormal dari leukemia myeloid. Leukemia myeloid akut ditandai oleh proliferasi cepat sel-sel abnormal dalam sumsum tulang dan mempengaruhi pertumbuhan dari sel-sel darah normal lainnya.
  2. Leukemia myeloid kronis : yaitu penyakit klon sel proliferasi pada batang hematopoietik, yang juga memiliki proliferasi sumsum tulang, umumnya leukositosis darah akan bertambah banyak dan organ limpa mengalami pembesaran, gejala gejala inilah yang menjadi fitur utama dari leukemia myeloid kronis.
  3. Leukemia limfoblastik akut : adalah gangguan pada sel hiperplasia lymphoblastoid dan kelainan pada sel lymphoblastoid atau diferensiasi pembentukan sejumlah besar sel darah putih matang yang di blokir, yang merupakan leukemia yang dapat berkembang dengan pesat.
  4. Leukemia limfositik kronis : leukemia jenis ini merupakan tumor ganas yang mempengaruhi limfosit, leukemia limfositik kronis ditandai dengan sejumlah besar limfosit belum menghasilkan agregasi sel, menghambat hematopoietik normal pada sumsum tulang.

Apa penyebab leukemia ?

Meskipun banyak faktor yang dicurigai menjadi penyebab leukemia, namun penyebab leukemia belum dapat dipastikan sepenuhnya. Penyebab leukemia umumnya dapat dikarenakan infeksi, faktor radiasi, faktor kimia dan faktor genetik.

Apa saja yang merupakan gejala leukemia ?

  1. Anemia : yang tampak jelas adalah muka berwarna pucat pasi, pusing, jantung berdebar, dll…
  2. Demam : demam atau panas yang kadang timbul kadang membaik, suhu tubuh umumnya sekitar 37,5 – 40 atau bahkan lebih tinggi.
  3. Pendarahan : pendarahan umumnya terjadi pada beberapa bagian tubuh, seperti rongga hidung, rongga mulut, gusi, dan bagian lainnya.
  4. Kelenjar getah bening : pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh, umumnya lebih ditemui pada pasien leukemia limfoblastik akut.
  5. Pembesaran liver dan limpa : 50% dari pasien leukemia umumnya mengalami pembesaran pada liver serta limpa, namun paling sering ditemui pada pasien leukemia limfoblastik akut.
  6. Infeksi system syaraf : arachnoid, meninges (selaput otak) dll terjadi infiltrasi leukosit, mengakibatkan tekanan intrakranial meningkat dan kelumpuhan anggota tubuh.
  7. Gejala lainnya : Ketika sel kanker infiltrasi ke bagian lain dari saluran pernapasan, pencernaan, dan sistem urogenital akan terkena efusi pleura, dan gejala disfungsi pencernaan dan proteinuria.

Demikian lah Pengertian dari Leukima Salah satu jenis kanker ganas, semoga artikel ini bermanfaat

 

Leukemia Salah Satu Kanker Ganas

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*