Makanan Penyebab Kanker Darah

Makanan Penyebab Kanker Darah

 

Makanan Penyebab Kanker Darah – Kanker darah, juga dikenal sebagai kanker hematologi, adalah kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi. Sel-sel kanker mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsi mereka.

Makanan Penyebab Kanker Darah

Makanan Penyebab Kanker Darah

Ada 3 jenis umum dari kanker darah:

  • Leukemia: adalah kanker sel darah putih, yang menghentikan darah putih dalam melawan infeksi. Ketika seseorang memiliki leukemia, sumsum tulangnya tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah yang cukup dan trombosit untuk memasok kebutuhan tubuh. Leukemia bisa akut atau kronis. Leukemia kronis jauh lebih berbahaya dan sulit untuk diobati. Ini adalah jenis yang paling umum dari kanker darah.
  • Limfoma: berkembang pada limfosit – tipe sel darah putih yang melawan infeksi. Limfosit yang abnormal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini akan mengurangi ketahanan terhadap faktor berbahaya dari luar.
  • Myeloma: adalah kanker sel plasma. Kanker myeloma mencegah produksi antibodi normal, yang mengakibatkan kelemahan dan kerentanan terhadap infeksi sistem kekebalan tubuh Anda.

Kanker darah dapat mempengaruhi pasien pada usia berapa pun. Namun, mereka dapat dikelola dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker darah?

Beberapa gejala umum di bawah ini akan menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki kanker darah. Jadi silakan periksa diri Anda dengan cermat.

  • Demam, menggigil
  • Kelelahan dan lemas
  • Kehilangan nafsu makan, mual
  • Penurunan berat badan yang cepat dan parah
  • Berkeringat tanpa sebab
  • Nyeri pada tulang sendi dan
  • Ketidaknyamanan pada perut
  • Sakit kepala
  • Sesak napas
  • Sering infeksi
  • Kulit gatal atau ruam kulit
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, selangkangan

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Ciri-ciri kanker darah memang tidak begitu terasa saat masih dalam stadium awal, namun saat gejala kanker darah sudah mulai parah barulah penderitanya merasakan kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Penyebab kanker darah sendiri bisa dibilang sangat mahal, membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit dan peluang untuk sembuhnya termasuk kecil. Namun bukan berarti tidak dapat sembuh, jika kita menghindari penyebabnya dan mampu mendeteksi gejalanya sejak dini maka masih ada harapan untuk sembuh. Salah satu penyebab kanker darah adalah makanan yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan seperti berikut ini :

  1. Makanan yang Diawetkan

Berbagai jenis makanan yang diawetkan dengan cara diasinkan, diasap maupun diawetkan dengan menggunakan bahan kimia banyak mengandung nitrat. Senyawa tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi nitrosamin, sementara nitrosamin sendiri dapat memicu terjadinya mutasi gen yang cukup berbahaya karena bisa menjadi bibit kanker darah.

  1. Sayuran dan Buah yang Mengandung Pestisida

Di zaman sekarang ini pertanian selalu mengandalkan pestisida untuk mencegah tanaman sayur dan buah mereka terserang hama pengganggu. Namun penggunaan pestisida ini tentu dapat menimbulkan efek samping apalagi jika digunakan berlebihan. Dampak yang sering terjadi adalah munculnya banyak kasus kanker termasuk kanker darah karena pestisida yang dikonsumsi bersama sayur dan buah tersebut dapat mengganggu fungsi organ tubuh dan memicu terjadinya mutasi genetik.

  1. Makanan Panas dalam Wadah Plastik

Mungkin menggunakan wadah plastik sebagai tempat makanan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan masyarakat, apalagi untuk membungkus makanan yang dijual di warung makan. Padahal hal ini tidak baik untuk kesehatan, karena kandungan bahan kimia berbahaya pada wadah plastik akan terurai saat terkena panas dan tercampur dengan makanan tersebut. Akibatnya racun tersebut menumpuk di dalam tubuh dan memicu penyakit kanker darah.

  1. Makanan Ringan

Dari mulai anak-anak hingga dewasa hampir semuanya suka snack atau makanan ringan. Selain rasanya yang enak, makanan ringan juga ramah di kantong sehingga sering dikonsumsi. Namun banyaknya kandungan senyawa kimia seperti penyedap dan pemanis buatan membuat tubuh menjadi tidak sehat bahkan beresiko terkena kanker darah.

  1. Jeroan

Jeroan atau organ dalam biasanya sangat digemari banyak orang karena rasanya yang cukup lezat. Namun dibalik rasanya yang menggugah selera, jeroan mampu mendatangkan banyak penyakit di dalam tubuh terutama pada orang dewasa dan lansia. Penyakit yang sering menyerang adalah kolesterol hingga kanker darah, karena itu sebaiknya hindari mengkonsumsi jeroan dalam jarak waktu yang dekat.

  1. Aneka Daging

Berbagai jenis daging seperti yang diperoleh dari unggas, sapi dan kambing juga dapat menyebabkan kanker darah karena kandungan lemaknya yang cukup banyak. Karena itu penderita kanker darah tidak boleh mengkonsumsinya. Bahkan orang yang sehat pun perlu dibatasi agar tidak makan terlalu banyak.

  1. Makanan yang Dipanggang

Beragam jenis makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar akan menghasilkan senyawa karsinogen. Senyawa tersebut sangat berbahaya jika mengendap di tubuh karena dapat memicu terjadinya mutasi genetik dan menyebabkan penyakit kanker darah.

  1. Makanan Kaleng

Sama seperti makanan ringan dalam bentuk kemasan, makanan dalam bentuk kalengan juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker. Hampir semua jenis makanan kaleng mengandung pengawet yang sangat banyak, juga penyedap dan pemanis buatan sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

  1. Daging Olahan

Bukan hanya daging segar saja yang tidak baik dikonsumsi berlebihan, berbagai jenis produk olahan daging seperti nugget, sosis dan cornet yang juga tidak baik dikonsumsi karena diduga dapat memicu munculnya penyakit kanker. Karena itu hindari makanan ini dan beralihlah ke makanan yang lebih menyehatkan.

  1. Makanan Berbahan Dasar Tepung

Dalam kehidupan sehari-hari memang banyak sekali jenis makanan yang mengandung tepung seperti dobat, kue dan sebagainya. Kandungan tepung dalam makanan tersebut tentu tidak baik bagi tubuh karena tepung mengandung gula yang jika berlebihan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit muncul seperti kanker darah.

Nah, makanan penyebab kanker darah di atas harus dihindari dan jika ingin memakannya tidak boleh berlebihan dan tidak terlalu sering. Sebaliknya rutinlah mengkonsumsi makanan pencegah kanker darah dan daftar makanan sehari-hari pencegah kanker yang dapat membantu menyehatkan tubuh.

Makanan Penyebab Kanker Darah

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*