Mencegah Kanker Darah

Mencegah Kanker Darah

Mencegah Kanker Darah– Leukimia adalah penyakit sejenis kanker atau lebih jelasnya kanker darah, penyebab dari leukimia adalah terbentuknya sel baru darah yang mengakibatkan pembelahan yang menghabiskan sel – sel darah yang telah lama. Jika hal ini tidak segera ditanggulangi maka akibatnya penyebaran sel kanker pada setiap aliran darah. Sumsum tulang yang terdapat didalam tubuh manusia memproduksi tiga sel darah yaitu sel darah putih , sel darah merah dan platelet. Mencegah Kanker Darah– Platelet adalah sejenis sel yang berukuran lebih kecil yang berfungsi sebagai pembantu atas peroses pembekuan darah.

mencegah kanker darah

mencegah kanker darah

Mencegah Kanker Darah merupakan hal awal yang paling baik dalam menangkis segala serangan penyakit yang membahayakan keselamatan, hal ini ditandai dengan pola hidup sehat. Untuk itu mulailah dari sekarang untuk merubah kebiasaan hidup buruk menjadi lebih baik seperti istirahat cukup, olahraga teratur dan makan dan minum yang sesuai kebutuhan. Adapun jenis makanan dan minuman yang dapat mencegah kanker darah adalah sebagai berikut :

Mencegah Kanker Darah > Bawang putih – Sebuah penelitian yang dilakukan di Penn State University mengatakan bahwa bawang putih dapat menghancurkan sel kanker yang terdapat dalam darah. Hal ini disebabkan kandungan bawang putih Organosulfida yang dapat membantu hati memproses senyawa kimia yang dapat menghancurkan sel kanker tersebut.

Mencegah Kanker Darah > Anggur – Buah yang satu ini memiliki antioksidan dan vitamin yang cukup penting dalam tubuh, anggur dapat mencegah kanker karna kulitnya memiliki kandungan resveratol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk juga katekin, quercetin, prosianidin dan antosianin.

Mencegah Kanker Darah > Lemon – Sangat segar sekali bila dikonsumsi dikala siang hari, apalagi ditepian pantai. Selain itu, ternyata minuman menyegarkan ini juga dapat mencegah kanker karna kandungan limonen yang dapat menghancurkan sel kanker pada darah. limonen terdapat pada  kulit lemon yang berwarna putih.

Mencegah Kanker Darah > Teh  hijau – Minuman yang dikatakan herbal ini adalah jenis minuman yang sangat digemari sekali oleh orang – orang jepang. Selain rasanya yang berbeda dari teh yang biasa, ternyata memiliki kandungan polifenol. Polifenol adalah zat sejenis antioksidan yang mampu menangkal sel radikal bebas penyebab dari kanker.

Mencegah Kanker Darah > Tomat – Buah sekaligus bumbu dapur yang rasanya cukup menyegarkan ini memiliki kandungan lycopene atau sejenis zat antioksidan seperti yang terkandung dalam teh hijau.

Mencegah Kanker Darah > Wortel – Sayuran yang satu ini kaya akan manfaat bagi kesehatan mata yaitu vitamin A, namun selain itu juga mengandung beta karoten yang dapat meningkatkan sistem imun. Baru – baru ini para ilmuwan melakukan sebuah penelitian tentang khasiat wortel, ternyata hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wortel memiliki zat falcornol yang mana zat ini dapat mencegah perkembangan sel yang terdapat pada darah.

Mencegah Kanker Darah > Alpukat – Tentunya bagi mereka penggemar jus sangat menyukai akan jus alpukat, karna rasanya yang sangat menyegarkan. Namun disamping rasanya yang enak, ternyata alpukat memiliki kandungan antioksidan, oomega 3, asam volat, vitamin C dan E.

Demikianlah makanan dan minuman yang mampu mencegah kanker darah.

Penyakit ini sangat berbahaya. Cara mencegah kanker darah lainnya sebagai berikut :

1.Olahraga yang Teratur

Olah yang teratur akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Sehat berarti bebas dari penyakit, termasuk penyakit kanker. Menurut American Cancer Society (ACS), olahraga teratur terbukti mampu mengurangi risiko kanker. ACS merekomendasikan minimal 30 menit per hari untuk berolahraga, bisa dilakukan minimal 5 hari per minggu. Ada banyak yang bisa kita lakukan untuk berolahraga ini seperti jalan cepat, jogging, latihan kekuatan, atau berenang. Olahraga adalah cara alami mencegah kanker! Jadi, kenapa kita tidak melakukannya?

2.Diet

Penelitian juga mengatakan bahwa diet yang sehat dapat membantu mencegah perkembangan kanker, termasuk kanker darah. Diet ini bisa dilakukan dengan cara memperbanyak mengonsumsi makanan kaya biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, serta meminimalkan konsumsi lemak, khususnya lemak hewan.   Menjaga berat badan yang ideal karena obesitas merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker. Hindari juga makanan siap saji, karena ini juga berbahaya. Konsumsi sayuran dan buah yang  segar sangat menyehatkan. Selain terhindar dari kanker, anda juga bisa menghindari penyakit-penyakit lainnya.

3.Menghindari Rokok dan alkohol

Selain olahraga dan diet, anda juga harus menghindari rokok, baik sebagai perokok aktif ataupun pasif. Rokok merupakan penyebab sebagian kanker yang terjadi. Rokok selain   menyebabkan kanker paru, bisa juga menyebabkan kanker jenis lain,  seperti kanker darah dan kanker leher rahim.  Selain itu, Anda juga harus menghindari alkohol. Alkohol sama berbahayanya dengan rokok.

4.Menghindari Zat Karsinogenik

Hindarilah zat karsinogenik, karena juga bisa menyebabkan  kanker. Zat karsinogenik adalah zat penyebab kanker, zat ini juga bisa dihasilkan dari proses pemasakan dengan cara digoreng, ditumis atau dibakar. Akan jauh lebih baik memasak dengan cara mengukus atau merebus. Buah dan sayuran non-organik juga kemungkinan bersifat karsinogen. Jadi, tetap waspada!

5.Deteksi Dini

Untuk mencegah kanker darah juga bisa dilakukan dengan deteksi dini. Hal ini bisa dilakukan sehingga bisa mencegah kanker lebih cepat.

 

Mencegah Kanker Darah

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*