Penyakit Kanker Darah Kronis

Penyakit Kanker Darah Kronis

Penyakit Kanker Darah Kronis– Penyakit kanker darah atau bisa juga disebut penyakit leukemia merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang. Penyakit Kanker Darah Kronis– Sumsum tulang ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga type sel darah diantaranya sel darah putih yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi, sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen kedalam tubuh dan platelet bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah.

Penyakit Kanker Darah Kronis- Penyakit Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak mereka anak-anak, Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal. Normalnya, sel darah putih mereproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Penyakit Kanker Darah Kronis– Tubuh manusia akan memberikan tanda atau signal secara teratur kapankah sel darah diharapkan bereproduksi kembali.

Penyakit Kanker Darah Kronis– Pada kasus kanker darah, sel darah putih tidak merespon tanda/signal yang diberikan. Akhirnya produksi yang berlebihan tidak terkontrol akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Penyakit Kanker Darah Kronis- Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya, Seseorang dengan kondisi seperti ini (Leukemia) akan menunjukkan beberapa gejala seperti; mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan perdarahan.

Penyakit Kanker Darah Kronis

Penyakit Kanker Darah Kronis

Penyakit Kanker Darah Kronis- Leukemia bukan satu-satunya kanker darah. Ada dua jenis kanker darah lain yaitu lymphoma yang menjangkiti sistem limfa, serta myeloma yang menyerang sel plasma dalam tubuh.

 

Penyebab Kanker Darah dapat terjadi oleh faktor keturunan. Orang tua yang sakit Kanker Darah bisa menurun pada anaknya.  Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa munculnya Kanker Darah atau Leukemia bisa jadi disebabkan juga oleh pengobatan yang menggunakan radiasi atau kemoterapi yang digunakan untuk membunuh kanker lain yang sebelumnya diderita. Penyakit Kanker Darah Kronis–  Namun tanpa disadari justru hal itu menimbulkan leukemia. Radiasi merupakan salah satu faktor yang juga banyak dituding sebagai penyebab kanker darah. Tudingan ini beralasan karena sejumlah fakta mendukung hal ini. Para pegawai yang bekerja di lingkungan penuh radiasi kerap terserang leukemia.

Sedangkan leukemia kronis memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun. Leukemia diklasifikasikan berdasarkan jenis sel. Penyakit Kanker Darah Kronis- Ketika pada pemeriksaan diketahui bahwa leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukemia limfositik. Sedangkan leukemia yang mempengaruhi sel mieloid seperti neutrofil, basofil, dan eosinofil, disebut leukemia mielositik.Dari klasifikasi ini, maka Leukemia dibagi menjadi empat type :

 

  • Leukemia limfositik akut (LLA). Merupakan tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.
  • Leukemia mielositik akut (LMA). Ini lebih sering terjadi pada dewasa daripada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
  • Leukemia limfositik kronis(LLK). Hal ini sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak.
  • Leukemia mielositik kronis(LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

Penyakit Kanker Darah Kronis- Biasanya terjadi pada orang dewasa dengan usia antara 45-60 tahun. Ditandai dengan tidak terkontrolnya penyebaran limfosit yang kecil dan abnormal dalam jaringan limfoid, darah, dan sumsum tulang.

Tipe leukemia ini merupakan tipe yang paling ringan dan perkembangannya lamban serta bersifat jinak. Faktor genetis memegang peranan penting dalam tipe ini.

Penyakit Kanker Darah Kronis- Gejala yang timbul pada leukemia limfositik kronis adalah anemia, selalu merasa lelah, demam, pembesaran kelenjar getah bening, sangat rentan terhadap infeksi, penurunan berat badan, tulang terasa sakit,  pembengkakan pada hati dan limpa, sesak nafas, jantung berdebar, dan perdarahan.
Itulah sekilas tentang Penyakit Kanker Darah Kronis, tentu saja kanker ini sangat berbahaya jadi mari lebih waspada. Lakukan pencegahan kanker sedini mungkin. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

Penyakit Kanker Darah Kronis

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*