Penyebab Kanker Darah

Penyebab Kanker Darah

 

Penyebab Kanker Darah – Kanker Darah merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian, sehingga penderita penyakit kanker darah leukimia perlu segera diobati agar bisa di tolong. Kanker darah atau leukimia merupakan salah satu jenis penyakit kanker, yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah ataupun pada sumsum tulang. Dalam perkembangan waktu sel darah yang tadinya normal akan digantikan dengan sel darah putih, sehingga fungsi sel menjadi terganggu dan membahayakan tubuh.

 

Penyebab Kanker Darah Pada Orang Dewasa

Penyebab kanker darah terjadi karena disebabkan oleh adanya faktor keturunan, sehingga orang tua yang mengalami penyakit kanker darah dapat pula diturunkan pada anaknya. Selain itu, jika penyebab kanker darah adalah bahan – bahan kimia karsonogen dan radiasi, maka pencegahan dilakukan dengan menghindari terkena bahan – bahan tersebut. Serangan virus pada bagian – bagian sel – sel darah merah ini akan menyebabkan tercampurnya sel darah bersih dengan bakteri – bakteri yang merugikan. Kondisi demikian sangat berpengaruh terhadap sirkulasi dan peredaran darah di dalam tubuh. Akibatnya tubuh menjadi panas dingin. Panas dingin ini disebabkan oleh terjadinya penolakan zat antibody dalam tubuh terhadap virus yang masuk, sehingga terjadi gesekan dan perubahan dalam sel – sel darah. Gesekan ini akan meghasilkan panas berlebih di dalam tubuh ini menyebabkan suhu di dalam tubuh berbeda dengan suhu diluar tubuh. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh terasa panas dingin atau demam.

Penyebab Kanker Darah

 

Penyebab Kanker Darah Pada Anak

Penyebab Kanker Darah – Tak seperti penyebab kanker darah pada orang dewasa yang umumnya terjadi karena gaya hidup tidak sehat, Penyebab kanker darah pada anak belum diketahui penyebab pastinya. Hal ini menjadikan kanker pada anak tak dapat dicegah. Penyebab kanker darah pada anak terjadi sebanyak dua hingga tiga persen dari total kasus kanker di Indonesia. Edi mengatakan, jumlah tersebut masih belum mencakup kasus-kasus yang belum diketahui, sehingga kemungkinan jumlahnya masih lebih banyak lagi. Diperkirakan tahun ini ada sekitar 4100 kasus baru kanker darah pada anak. Hampir 60 persen kanker yang dialami anak-anak adalah kanker darah atau leukemia. Oleh sebab itu, kenalilah gejala atau penyebab kanker darah dengan tepat. Secara umum kanker darah pada anak itu dibagi dua kelompok besar, yaitu cair dan padat. Leukemia adalah kanker bentuk cair yang terdapat di dalam darah. Leukemia paling banyak ditemui pada anak usia 2-6 tahun. Namun kanker darah ini bisa terjadi pada semua kelompok umur dengan kelompok terbanyak adalah anak-anak dan orangtua di atas usia 50 tahun.

 

Sampai saat ini penyebab penyakit kanker darah belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi frekuensi penyebab kanker darah.

  1. Faktor Penyebab Kanker Darah Radiasi

Hal ini ditunjang dengan beberapa laporan dari beberapa riset yang menangani kasus leukemia bahwa para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, penerita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia, leukemia ditemukan pada korban hidup kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

  1. Faktor Penyebab Kanker Darah Leukemogenik

Beberapa zat kimia dilaporkan telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, misalnya racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia inustri seperti insektisida, obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi.

  1. Faktor Penyebab Kanker Darah Herediter

Penderita Down Syndrom memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.

  1. Faktor Penyebab Kanker Darah Virus

Beberapa jenis virus dapat menyebabkan leukemia, seperti retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa.

 

Meski penyebab kanker darah belum diketahui dengan pasti, bukan berarti kita hanya bisa pasrah menghadapi penyakit ini. Banyak penelitian menunjukkan kanker dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat. Memilih makanan yang sehat dan olahraga rutin bukan hanya dapat mencegah kanker, melainkan penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang tepat dapat menghentikan perkembangan sel kanker.

Penyebab Kanker Darah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*