Penyebab Kanker Darah

Penyebab Kanker Darah

Waspadai Penyebab kanker darah Dan Tanda-Tanda nya Menyerang Anda !! Kanker sepertinya menjadi penyakit yang harus benar-benar diperhatikan oleh semua orang, kalau negara-negara maju dihebohkan dengan kanker serviks, bahkan indonesia juga kabarnya lagi rame dengan penyakit kanker serviks karena seks bebas kini ancaman penyakit leukemia atau yang sering disebut kanker darah juga mulai mengancam orang di seluruh dunia.

Penyebab kanker darah– Kanker darah atau yang kita kenal sebagai LEUKEMIA adalah salah satu jenis penyakit kanker. Leukemia disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang. Karena jumlahnya yang meningkat,  sel-sel darah putih yang sebetulnya tidak normal tersebut menggantikan sel darah yang normal. Ketidaknormalan ini membuat fungsi sel terganggu. Kanker darah merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penderita kanker darah harus segera diobati. Sebab jika tidak, penderita bisa tidak tertolong. Kanker Darah mampu membunuh penderitanya hanya dalam hitungan minggu atau bahkan hanya dalam beberapa hari. Inilah yang dikenal sebagai leukemia akut.

penyebab kanker darah

penyebab kanker darah

Penyebab kanker darah– Perlu diwaspadai bagi para orang tua yang masih mempunyai anak kecil bahwa Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak dimasa kecilnya, sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal. Normalnya, sel darah putih me-reproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda/signal secara teratur kapankah sel darah diharapkan be-reproduksi kembali.

Penyebab kanker darah– Berbagai jenis kanker darah merupakan pengembangan yang abnormal atas sel-sel dalam sumsum tulang dan aliran darah. Jika leukimia dan multiple myeloma mempengaruhi sumsum tulang, limfoma mempengaruhi sistem limfatik tubuh. Gejala umum kanker darah adalah penurunan berat badan, demam, nyeri yang terlokalisasi di dalam tulang, dan luka yang lama sembuhnya, Pembengkakan kelenjar getah bening (di leher atau ketiak) yang biasanya tidak sakit, Demam atau berkeringat di malam hari, Sering infeksi, Merasa lemah atau lelah, Pendarahan dan mudah memar (gusi berdarah, bercak keunguan di kulit, atau bintik-bintik merah kecil di bawah kulit), Pembengkakan atau rasa tidak nyaman di perut (karena hati/pancreas bengkak), Berat badan turun drastis tanpa sebab jelas.

Penyebab Kanker Darah

Penyebab Kanker Darah dapat terjadi oleh faktor keturunan. Orang tua yang sakit Kanker Darah bisa menurun pada anaknya.  Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa munculnya Kanker Darah atau Leukemia bisa jadi disebabkan juga oleh pengobatan yang menggunakan radiasi atau kemoterapi yang digunakan untuk membunuh kanker lain yang sebelumnya diderita. Namun tanpa disadari justru hal itu menimbulkan leukemia. Radiasi merupakan salah satu faktor yang juga banyak dituding sebagai penyebab kanker darah. Tudingan ini beralasan karena sejumlah fakta mendukung hal ini. Para pegawai yang bekerja di lingkungan penuh radiasi kerap terserang leukemia.

Sampai saat ini penyebab kanker darah belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi frekuensi terjadinya leukemia.

  • Radiasi. Hal ini ditunjang dengan beberapa laporan dari beberapa riset yang menangani kasus Leukemia bahwa para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, penderita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia, leukemia ditemukan pada korban hidup kejadian bom atom Hirosima dan Nagasaki, Jepang.
  • Leukemogenik. Beberapa zat kimia dilaporkan telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, misalnya racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia industri seperti insektisida, obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi.
  • Herediter. Penderita Down Syndrom memiliki insiden leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.
  • Virus. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan leukemia, seperti retrovirus, virus feline, HTLV-1 pada dewasa.

Penyebab kanker darah- Ciri atau gejala yang sering menyerang mereka yang mengidap penyakit leukemia ialah :

  • Tubuh cepat lelah, wajah pucat serta frekuensi pernafasan cepat tidak normal
  • Mengalami pendarahan yang hebat
  • Mudah terserang infeksi beberapa penyakit karena sistem imunitas tubuh menurun
  • Nyeri pada persendian dan tulang
  • Nyeri pada perut
  • Terjadinya pembengkakan pada kelenjar lympa
  • Kesulitan untuk bernafas (Dyspnea)

 

Penyebab Kanker Darah

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*