Penyebab Kanker Darah/Leukimia

Penyebab Kanker Darah/Leukimia

 

Penyebab Kanker Darah/Leukimia – Kanker darah di sebut juga dengan leukimia yang merupakan kelainan darah dimana bertambahnya sel darah putih yang menyebabkan kerusakan pada bagian sumsum tulang, dan sistem getah bening. Hal ini dapat mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah normal.  Sehingga dapat mengancam jiwa dan sistem kekebalan tubuh dan perederan darah. Penyebab kanker darah dapat kita bagi berdasarkan jenisnya yang masing masing sangat berbeda.

Penyebab Kanker Darah/Leukimia

Penyebab Kanker Darah/Leukimia

Pada leukemia, sumsum tulang belakang membuat sel darah putih yang belum matang yang disebut sel leukemik. Sel yang belum matang ini tidak berfungsi secara normal, dan mengerubungi sel yang sehat.

Leukemia bisa bersifat akut (memburuk secara cepat), atau kronis (memburuk secara perlahan). Keempat jenis leukemia yaitu:

  • Akut Mielogenous Leukemia, yang merupakan jenis paling umum.
  • Akut Limfositik Leukemia, yang merupakan jenis paling umum pada anak-anak.
  • Kronik Limfositik Leukemia, yang umum pada orang dewasa.
  • Kronik Mielogenous Leukemia, yang terutama mempengaruhi orang dewasa.

Timbulnya kanker darah memiliki banyak sekali penyebab yang bisa terjadi.  Walaupun secara spesifik tidak di ketahui penyebabnya, tetapi orang dewasa dengan usia tua sangat mungkin terjangkit kanker darah.

Penyebab kanker Darah/Leukimia

Ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena beberapa jenis leukemia, sebagian bisa kita upayakan untuk diubah (dimodifikasi), namun sebagian tidak bisa kita hindari. Faktor resiko penyebab kanker darah/leukimia meliputi:

  1. Radiasi

Penyebab kanker leukemia berikutnya adalah paparan radiasi yang mengenai tubuh secara terus-menerus. Paparan radiasi tingkat tinggi juga merupakan faktor resiko umum penyebab leukemia. Paparan radiasi ini tidak hanya mencakup individu yang terkena radiasi akibat dari pekerjaan, namun juga meliputi individu yang menjalani prosedur medis seperti kemoterapi dan terapi radiasi.

  1. Paparan kimia

Paparan bahan kimia berbahaya adalah salah satu faktor resiko utama penyebab kanker leukemia. Bila kemungkinan, hindari situasi yang melibatkan bahan kimia berbahaya dalam kegiatan sehari-hari anda. Ini mencakup dan tidak hanya terbatas pada pestisida, benzena (hadiah kimia dalam gas tanpa timbal). Jika anda harus terkena bahan kimia, berusahalah untuk meminimalkan ko0ntak dengan kulit secara langsung dan memakai masker untuk mencegah ingalasi (penghitupan zat kimia). Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik.

  1. Virus

Tidak hanya zat kimia dan radiasi saja yang dapat menjadi penyebab leukemia, ternyata virus juga dapat menjadi penyebab kanker leukemia. Virus yang dapat menyebabkan kanker darah adalah virus yang terdiri dari satu benang tunggal RNA bukannya DNA. Setelah melakukan infeksi pada sel virus ini akan mengkopi dirinya dan membentuk dna dengan RNA-nya dengan menggunakan enzim reverse transcriptase.

  1. Kebiasaan yang tidak sehat

Merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi merupakan salah satu penyebab kanker leukemia berikutnya. Rokok memiliki zat karsinogen yang dapat memacu pertumbuhan sel kanker dengan cepet, sehingga dapat mempercepat berkembangan kaker dalam tubuh kita.

Selain itu juga terdapat HCN (hidrogen sianida) pada rokok yang sering di gunakan oleh para agen intelegen dalam melakukan penyandaraan bahkan untuk melindungi dirinya sendiri. Zat ini dapat menyebabkan luka iritasi pada jaringan tubuh anda. Hcn merupakan gas yang tidak berbau, dalam bentuk cairan hcn tidak berwarna atau bnerwarna biru pucat ketika berada pada suhu kamar. Hcn juga mudah terbakar dan mudah berdifusi pada jaringan tubuh kita.

  1. Sistem imun rendah

Rendahnya sistem kekebalan tubuh pada seseorang akan mengakibatkan tubuhnya rentan untuk diserang penyakit, termasuk penyakit leukemia. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang mengonsum obat-obatan penekan sistem imun ketika menjalani transplantasi organ.

  1. Riwayat keluarga leukemia

Jika anggota keluarga ada yang didiagnosis menderita leukemia, maka ada risiko penyakit leukmia dalam satu keluarga tersebut.

  1. Pengobatan kanker sebelumnya

Orang-orang yang pernah menderita kanker dan menjalani terapi berupa kemoterapi dan terapi radiasi akan memiliki peningkatan risiko mengembangkan penyakit leukemia jenis tertentu. Hal ini terjadi karena radiasi dapat mempengaruhi sel di tingkat DNA, terapi radiasi yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker ternyata tidak hanya sel kanker yang terkena tetapi juga sel-sel sehat bisa terpengaruh dan pada kondisi tertentu (tidak selalu) hal ini bisa menyebabkan mutasi genetik dan terjadilah leukemia.

Itulah sekilas informasi mengenai penyebab kanker darah/leukimia. Terima kasih Anda telah membaca artikel mengenai penyebab kanker darah/leukimia. Semoga artikel mengenai penyebab kanker darah/leukimia diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Kanker Darah/Leukimia

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*