Penyebab Penyakit Leukemia

Penyebab Penyakit Leukemia

Penyebab Penyakit Leukemia– Leukemia adalah salah satu kanker yang sampai saat ini adalah kanker nomer satu yang membunuh anak-anak. Oleh sebab itu, kenalilah gejalanya dengan tepat. Secara umum kanker pada anak itu dibagi dua kelompok besar, yaitu cair dan padat. Leukemia adalah kanker bentuk cair yang terdapat di dalam darah. Penyebab Penyakit Leukemia– Leukemia paling banyak ditemui pada anak usia 2-6 tahun. Namun kanker ini bisa terjadi pada semua kelompok umur dengan kelompok terbanyak adalah anak-anak dan orangtua di atas usia 50 tahun.

Penyebab Penyakit Leukemia– Kasus kanker anak yang paling banyak terjadi adalah kanker darah (leukimia), dan kanker bola mata (retinoblastoma). Selain itu ada pula kanker tulang, kanker kelenjar getah bening, kanker hati, ginjal, indung telur, otak, dan lain-lain. Penyebab Penyakit Leukemia– Penyakit Leukemia (kanker darah) adalah kanker yang kerap menyerang anak-anak dan ini merupakan jenis kanker yang menyerang sel-sel darah putih.

Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak dimasa kecilnya, Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal. Penyebab Penyakit Leukemia– Normalnya, sel darah putih me-reproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda/signal secara teratur kapankah sel darah diharapkan be-reproduksi kembali.

Penyebab Penyakit Leukemia- Pada kasus Leukemia (kanker darah), sel darah putih tidak merespon kepada tanda/signal yang diberikan. Akhirnya produksi yang berlebihan tidak terkontrol (abnormal) akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Penyebab Penyakit Leukemia- Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya, Seseorang dengan kondisi seperti ini (Leukemia) akan menunjukkan beberapa gejala seperti; mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan perdarahan.

Leukemia pada anak ini ada yang bersifat tahunan ada juga yang akut (kronis). Jika tidak segera ditangani, leukemia akut ini dapat menjadi penyakit yang fatal dalam beberapa bulan.

Penyebab Penyakit Leukemia

Penyebab Penyakit Leukemia

Sampai saat ini penyebab penyakit leukemia belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi frekuensi terjadinya leukemia.

Penyebab Penyakit Leukemia- Faktor-faktor resiko ini adalah:
1. Penyebab Penyakit Leukemia- Radiasi: Orang yang terpapar radiasi sangat tinggi radiasi jauh lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan AML, CML, ataupun ALL.

2. Penyebab Penyakit Leukemia- Ledakan bom atom: Radiasi tingkat sangat tinggi yang disebabkan oleh ledakan bom atom (seperti yang terjadi di Jepang selama Perang Dunia II), orang, terutama anak-anak yang bertahan hidup dari ledakan bom atom akan meningkat risikonya terkena leukemia.

3. Penyebab Penyakit Leukemia-  Radioterapi: Sumber lain terkena radiasi tingkat tinggi adalah pengobatan kanker dll. Radioterapi dapat meningkatkan risiko leukemia.

4. Penyebab Penyakit Leukemia- Rontgen diagnostik: X-ray gigi dan X-ray diagnostic lainnya (seperti CT Scan) merupakan paparan radiasi tingkat rendah. Belum diketahui apakah ada keterkaitan pada radiasi tingkat rendah untuk anak-anak atau orang dewasa dengan leukemia.

5. Penyebab Penyakit Leukemia- Merokok: Merokok dapat meningkatkan risiko terkena AML.

6. Penyebab Penyakit Leukemia- Benzene: Paparan benzena di tempat kerja dapat menyebabkan AML. Hal ini juga dapat menyebabkan CML ataupun ALL. Benzene digunakan secara luas dalam industri kimia, juga ditemukan dalam asap rokok dan bensin.

7. Penyebab Penyakit Leukemia- Kemoterapi: Pasien kanker yang mendapatkan kemoterapi kadang-kadang kemudian juga terkena AML ataupun ALL. Misalnya, obat-obatan yang merupakan agen atau inhibitor alkilasi topoisomerase sering dikaitkan dengan resiko kecil berkembangnya leukemia akut.

8. Penyebab Penyakit Leukemia- Down Sindrom & beberapa penyakit keturunan lainnya: meningkatkan risiko berkembangnya leukemia akut.

9. Penyebab Penyakit Leukemia- Sindrom myelodysplastic dan kelainan darah tertentu lainnya: Orang dengan kelainan darah tertentu akan meningkatkan risiko terkena AML.

10. Penyebab Penyakit Leukemia- Virus Human T-cell leukemia tipe I (HTLV-I): Orang dengan infeksi HTLV-I mengalami peningkatan risiko terkena leukemia jenis langka, yang dikenal sebagai T-sel yang merupakan jenis leukemia yang tidak menular.

11. Penyebab Penyakit Leukemia- Sejarah keluarga leukemia: Ini jarang terjadi. Namun bila ini terjadi, kemungkinan tipenya adalah CLL. Namun, hanya beberapa orang dengan CLL memiliki ayah, ibu, kakak, adik, atau anak yang juga memiliki penyakit ini.

 

Penyebab Penyakit Leukemia

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*