Tipe Leukemia dan Klasifikasinya

Tipe Leukemia dan Klasifikasinya

Tipe Leukemia dan Klasifikasinya

Tipe Leukemia dan Klasifikasinya

Tipe Leukemia- Leukemia; dalam bahasa Yunani leukos λευκός, “putih”; aima αίμα, “darah”), atau lebih dikenal sebagai kanker darah merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker (istilah medis: neoplasma) pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih). Tipe Leukemia- Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.

Tipe Leukemia– Kata leukemia berarti darah putih, karena pada penderita ditemukan banyak sel darah putih sebelum diberi terapi. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya.

Kanker darah atau yang lebih dikenal dengan istilah leukemia merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang amat ditakuti. Penyakit ini sering kali ditandai dengan adanya peningkatan jumlah sel darah putih dalam jumlah yang sangat besar dan lebih dari keadaan normalnya pada aliran darah.

Tipe Leukemia– Namun dalam beberapa kasus juga mungkin terjadi penurunan jumlah sel darah merah yang membuat para penderita mengalami anemia. Setelah itu maka akan terjadi kerusakan pada sumsum itulah yang dapat berakibat fatal pada semakin menurunnya jumlah sel darah putih yang diproduksi oleh tubuh.

Dan dalam keadaan penurunan sel darah putih secara signifikan maka kekebalan tubuh pun berkurang sehingga penyakit pun mudah menyerang dan berkembang pada tubuh penderita.

Secara umum kita dapat mengelompokkan kanker darah ini ke dalam 4 Tipe Leukemia. Yang diantaranya adalah kanker darah limfositik akut, kanker darah limfositik kronik, kanker darah mielositik akut serta yang terakhir adalah kanker darah mielositik kronik.

Pada jenisnya penyakit kanker darah itu dibedakan menjadi dua jenis yangmana diantaranya adalah Leukemia Kronis dan Leukemia Akut. Dan mengenai type nya penyakit ini juga terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Tipe Leukemia Kronis : Pada awal penyakit, sel-sel leukemia ini masih bisa melakukan beberapa fungsi sel darah putih secara normal. Pada tahap ini biasanya penderita tidak memiliki gejala apapun, dan Dokter biasanya mendeteksi dini penyaki leukemia kronis pada penelitian rutin. Dan perlahan leukemia kronis ini akan memburuk, karena seiring berjalannya waktu jumlah sel-sel leukemia akan terus meningkat yang pada akhirnya akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening atau infeksi. Pada awal gejala pasi ringan namun seiring berjalannya waktu akan terus memburuk.
  2. Tipe Leukemia Akut : Sel-sel leukemia tidak dapat menjalakan pekerjaan sel darah putih normal. Jumlah sel leukemiapun akan terus meningkat secara pesat. Leukemia akut bisa ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan dan memburuk, dan apabila tidak segera diobati maka penderita dapat meninggal hanya dalam hitungan minggu atau bahkan hari.

Klasifikasi Kanker darah atau Leukemia

Tipe Leukemia- Leukemia bisa juga diklasifikasikan berdasarkan jenis sel darah putih yang terkena, yaitu limfosit ataupun myeloid . Leukemia yang mempengaruhi sel-sel limfoid disebut limfoid, limfositik, atau lymphoblastic leukemia. Leukemia yang mempengaruhi sel-sel myeloid disebut myeloid, myelogenous, atau myeloblastic leukemia.

Ke empat Tipe Leukemia ini memiliki berbagai gejala yang berbeda yang beberapa diantaranya akan saya jabarkan pada ulasan berikut ini:

  1. Pada Tipe Leukemia yang pertama adalah limfositik akut, ini dapat banyak kita jumpai menyerang pada anak-anak. kanker darah tipe ini disinyalir kuat berdasarkan faktor genetik atau keturunan. Jadi ketika ada anggota keluarga yang menderita kanker ini maka besar kemungkinan akan mengalami kanker pada generasi setelahnya. Tipe Leukemia- Selain itu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain yang diantaranya adalah karena imunologik, faktor kurangnya ketahanan terhadap berbagai macam zat kimia hingga kurang mampunya tubuh seorang anak terhadap pengaruh dari radiasi.
  2. Selanjutnya ada Tipe Leukemia limfositik kronik. Ini merupakan Tipe Leukemia- yang paling ringan dan biasa terjadi pada manusia dengan rentang usia antara 45 hingga 60 tahun. Penyebab utama dari kanker ini adalah karena faktor genetik.
  3. Tipe Leukemia mielositik. Ini merupakan jenis kanker yang sangat berbahaya karena ini merupakan sebuah keadaan dimana sel darah putih banyak mengandung granula dan dapat merusak sumsum tulang.
  4. Terakhir ada Tipe Leukemia mielositik kronik yang merupakan sebuah fase kronik dari kanker. Yang ditandai dengan adanya peningkatan granulosit disertai dengan anemia, penurunan berat badan, pembesaran limpa dan terkadang juga disertai dengan naiknya suhu tubuh.

 

Tipe Leukemia dan Klasifikasinya

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*